Urban Streetwear Subculture Development Analysis

  • Kautsar Muhammad Eru Cakra Desain Produk Itenas
  • Sulistyo Setiawan Institut Teknologi Nasional, Bandung
Keywords: History, Streetwear, Fashion

Abstract

Urban Streetwear adalah sebuah subkultur yang berkembang di kawasan kota besar yang mempunyai identitas serta latar belakang sejarah yang panjang. Subkultur ini mulai tumbuh sekitar tahun 1970 yang juga sejalan dengan perkembangan musik Hip-hop terutama di Amerika Serikat yang membawa semangat kebebasan dan perdamaian sebagai respon kelompok sosial terhadap situasi ekonomi dan politik yang terjadi saat itu. Kemudian diikuti dengan munculnya berbagai brand streetwear sehingga pengaruhnya semakin meluas hingga mempengaruhi mainstream dan high fashion. Tulisan ini menganalisis secara mendalam tentang sejarah dan identitas streetwear dengan harapan perancangan yang dilakukan dapat menjadi relevan dengan tren yang berkembang di masyarakat. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mencari pengertian yang mendalam tentang suatu gejala, fakta atau realita. Hasil dari penelitian ini adalah memahami karakteristik dari subkultur streetwear terutama dalam aspek busana dan strategi penerapannya dalam merancang produk busana streetwear bagi konsumen millennial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Cox, “As The Bronx Burned, Hip Hop Was Born,” Interes., 2015, [Online]. Available: https://allthatsinteresting.com/savage-skulls-bronx-1979.

Z. Parry, “From Hood to Haute,” Int. Fash. Manag., 2018.

Andry Masri, “Strategi Visual,” Jalasutra, 2010.

R. Jozef, METODE PENELITIAN KUALITATIF: Jenis, karakteristik, dan keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

L. Hoang, “Luxury’s Generation Gap,” May 29, 2017.

C. D’Arpizio, F. Levato, M.-A. Kamel, and J. de Montgolfier, “The New Luxury Consumer: Why Responding to the Millennial Mindset Will Be Key,” Dec. 22, 2017.

Published
2021-07-14
How to Cite
Eru Cakra, K., & Setiawan, S. (2021). Urban Streetwear Subculture Development Analysis. Jurnal Desain Indonesia., 3(1), 29-36. Retrieved from https://jurnal-desain-indonesia.com/index.php/jdi/article/view/77