The Seated Facility Design Process for Armored Combat Vehicle Personnel by Analyzing the Impact of a Mine

  • Naufal Fajar Gumelar Desain Produk Itenas
  • Amirul Nefo National Institut of Technology
Keywords: Personnel Seats, Mine Protection, Function, Armored Combat Vehicle

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah perancangan desain untuk kursi personel yang menempatkan bagian komponen yang dirancang secara khusus yaitu pada bagian bahu dan pinggang dalam antisipasi dampak terkena ranjau didalam kendaraan militer lapis baja. Tujuan pada proses desain ini menghasilkan sebuah komponen tambahan yang akan meminimalisisr cedera bagi personel, Metode yang digunakan  adalah studi literasi, mencari sebuah data mengenai standar militer yang berpengaruh pada bentuk desain dan analasis dari video simulasi dampak benturan ketika terkena ranjau didalam kendaraan sehingga menghasilkan komponen baru yang dapat meminimalisir cedera, karena peralatan militer dirancang untuk keadaan ekstrim contohnya fungsi dari kendaranan militer lapis baja harus mampu menahan segala halang rintang salah satu contohnya adalah ranjau, maka dari itu diperlukan sebuah desain dan analisis kursi personel yang dapat melindungi personel dan membuat aman dan nyaman sehingga diperlukannya desain kursi personel yang lebih mendetail yang merespon dari guncangan terkena ranjau ketika berada didalam kendaraan. Hasil penelitian menunjukan adanya kebaruan dalam komponen yang ditetapkan untuk melindungi bagian tubuh yaitu bahu dan pinggang secara khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Anwar, Melindungi Negara, vol. I, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.

S. Fernando R, Strategi dan Taktik Lapis Baja Jerman 1933-1945, Yogaswara, Ed., YOGYAKARTA: NARASI, 2007.

M. D. Darmawan, Kendaraan Tempur Perang Dunia II, Yogyakarta: NARASI, 2010.

L. T. (. S. Suryohadiprojo, SI VIS PACEM PARA BELLUM Membangun Pertahanan Negara yang Modern dan Efektif, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

E. S. Putra and M. A. Waskito, Konsep ergonomi kultural nusantara dalam pendidikan dasar Desain Produk ITENAS, p. 296, Juli-Desember 2020.

E. S. Putra and M. A. Waskito, Konsep ergonomi kultural nusantara dalam pendidikan dasar Desain Produk ITENAS, p. 297, 8 Juli - Desember 2020.

A. Genaidy and Karwowski, W, The effects of neutral posture deviation on perceived joint discomfort ratings in sitting and standing postures., P. V. &. J. Kantola, Ed., (1993), p. 785–792. .

Helander, M.G, Czaja, S.J, Drury, C.G and Cary, J.M, An ergonomic evaluation of office chairs. Office: Technology and People 3, London: Taylor & Francis, 1987.

R. Y. Prawiranegara, Analisis Postur Duduk Tentara Indonesia dan Perancangan Kursi Penumpang Kendaraan Tempur Tipe APC ( Armoured Personnel Carirrer) yang Ergonomis Dalam Virtual Environtment, juni 2011.

Published
2020-09-15
How to Cite
Gumelar, N., & Nefo, A. (2020). The Seated Facility Design Process for Armored Combat Vehicle Personnel by Analyzing the Impact of a Mine. Jurnal Desain Indonesia., 2(2), 1-8. https://doi.org/10.52265/jdi.v2i2.33