PENGEMBANGAN PERHIASAN TEMBAGA INSPIRASI TEKNIK FILIGREE DENGAN PENDEKATAN EKSPLORASI

  • Yayang Murdiyanto Desain Produk ITENAS
  • Dedy Ismail Desain Produk, FSRD, ITENAS

Abstract

ABSTRAK

Perhiasan Filigree memiliki karakter perhiasan yang kompleks dan mendetail, sehingga segmentasi pasar terbatas pada rentang usia dewasa kalangan menengah atas. Penelitian ini berperan penting sebagai salah satu teknik dan metode pengumpulan data yang akan dikaji pada Mata Kuliah Proyek Desain V. Tujuan dilakukannya pengembangan teknik filigree dengan pendekatan new material adalah untuk memperluas jangkauan pasar. Selain pendekatan material baru, pengembangan desain perhiasan teknik filigree ini. Metode penelitian desain yang dilakukan adalah pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi literasi dan eksplorasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhiasan teknik filigree dapat berkembang mengikuti perkembangan trend dan bisa menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas sehingga bisa menambah nilai produk dan kualitas hidup pengrajin logam.

Kata kunci: Desain Perhiasan, Pengembangan, Filigree.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evi Yuliati Rufaida, S. I. (2009). Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. PEWTER UNTUK KERAJINAN PERHIASAN , 2.

Maryon, H. (1971). In Filigree : Metalwork and Enameling (5 ed., p. 9). Dover Press.

Masri, A., & Pasaribu, Y. M. (2018). Kerajinan, kraft, kriya, dan desain. CRAFT DAN DESAIN DI INDONESIA, SUDUT PANDANG AKADEMIS DAN PELAKU, 18.

Nasai, I. (2018). Kesimpulan. KERAJINAN PERAK PRODUKSI RUMAHAN DI PAMPANG, PALIYAN, GUNUNGKIDUL, 97-98.

Waskito, M. A. (2014). Pendekatan Semantik Rupa Sebagai Metoda Pengembangan Desain Produk Dengan Studi Kasus Produk Mug di Industri Kecil Keramik. 5.

Published
2020-01-31