Desain Travel Bag Dengan Menggunakan Konstruksi Bambu Laminasi

  • Muhammad Fuadakbar Rahmatullah Institut Teknologi Nasional
  • Agung Pramudya Institut Teknologi Nasional (ITENAS)

Abstract

Dengan banyaknya ketersediaan bambu di indonesia yang memiliki beberapa keunggulan dari sisi karakteristik material pada penerapanya terhadap produk maka kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi bambu dengan teknik laminasi, sehingga dapat menemukan potensi bambu laminasi yang cocok diterapkan pada produk tas traveling.Semua riset mengenai analisis tersebut akan diangkat menjadi sebuah konsep dalam produk sarana bawa yang akan dirancang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghadirkan kebaruan desain pada tas travel bag dengan menggabungkan material alam dan material buatan dengan melakukan analisis data yang kongkrit mengenai karakteristik dan teknik pengolahan material bambu yang sesuai pada desain tas travel bag.Penelitian dilakukan sebagai acuan / sumber informasi /kajian teori / analisis data dalam penggarapan  desain proyek 5 dan Kerja Profesi. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi,survey dan riset pada kegiatan traveling dan ,riset yang dilakukan terkait aktivitas ,karakteristik,serta sarana bawa yang digunakan ketika traveling. Jika penerapan dan teknik pengolahan material bambu di gunakan pada jenis tas travel yang tepat,maka akan munculnya kebaruan pada desain tas travel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arhamsyah. (2009). Jurnal Riset Industri Hasil Hutan . PENGOLAHAN BAMBU DAN PEMANFAATANNYA, 1(2), 30-35.

Arsad, E. (2015). Jurnal Riset Industri Hasil Hutan. TEKNOLOGI PENGOLAHAN DAN MANFAAT BAMBU, 7(1), 45-52.

Heru, H. (2016). Jurnal Sosiologi. TRAVELING SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA YOGYAKARTA, 7.

Madhavi K, A. G. (1994). Bamboo Craft Design. Mumbai: IDC.

Masri, A. (2015, 10 15). Eksplorasi Material Bonggol Jagung Untuk Mendapatkan Nilai Kebaruan Pada Produk Kerajinan Kreatif. Seminar Nasional UNIBA Surakarta 2015, 7. Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Seminar Nasional UNIBA Surakarta 2015.

Suriani, E. (2017). EMARA Indonesian Journal of Architecture. Bambu Sebagai Alternatif Penerapan Material Ekologis: Potensi dan Tantangannya, 3(1), 38.

Published
2020-03-17