Latihan Menggambar Isometri secara Manual untuk Peningkatan Pemahaman Tri-dimensional dalam Proses Perancangan

  • Wildan Aulia Desain Produk, Fakultas Teknik dan Desain, Insitut Teknologi dan Sains Bandung, Kota Deltamas Cikarang Pusat Bekasi
Keywords: gambar, bentuk, tridimensional

Abstract

Prinsip desain berperan lebih jauh dari prinsip rupa dalam proses perancangan. Mahasiswa desain akan berhadapan dengan proses eksperimentasi dalam mempelajari aplikasi prinsip desain dan olah rupa dalam menghasilkan desain produk utuh. Hal ini menuntut kondisi mahasiswa yang dibekali dengan bakat dan kesadaran yang baik terhadap rupa dan kemampuan memvisualisasikan bentuk. Kendala yang dihadapi penyelenggara Program Studi Desain Produk ITSB adalah kualitas intake mahasiswa yang belum terbekali dengan kemampuan dasar tersebut. Proses seleksi masuk jurusan Desain Produk ITSB tanpa melalui tes gambar. Penyelenggara program studi harus memiliki metode latihan untuk mengakselerasi kemampuan dan kesiapan mahasiswa sebelum masuk ke dalam tahap latihan merancang. Pemahaman tri-dimensional dilakukan melalui latihan gambar isometri olahan kubus dan produk sederhana secara manual tanpa alat bantu ukur. Latihan ini diselaraskan dengan matakuliah matematika geometri. Latihan ini tidak serta merta membuat mahasiswa menjadi ahli menggambar, namun yang paling penting adalah mahasiswa mampu memahami prinsip ruang dan memvisualisasikan bentuk dengan benar. Kesiapan inilah yang menjadi modal dasar mahasiswa untuk dapat masuk ke dalam tahap latihan merancang. Latihan ini telah dicoba selama dua tahun. Hasil evaluasi perkuliahan dan tingkat kepuasan mahasiswa menjadi bahan penguat hipotesis keberhasilan latihan. Pengukuran tingkat keberhasilan peserta latihan dilakukan secara purposive sampling kepada peserta MK Gambar 1 angkatan 2017 dan 2018 dengan metode pembobotan (skala) terhadap kemampuan menilai proporsi objek, kemampuan mengkontruksi gambar, kemampuan memprediksi ruang dan jarak, serta kemampuan membentuk dasar objek (simplifying). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa semua mahasiswa mengalami peningkatan penguatan tri-dimensional meskipun dengan nilai kenaikan yang bervariasi. Ulasan ini diharapkan dapat menjadi umpan balik, khususnya bagi program studi Desain Produk ITSB untuk menetapkan metode latihan menggambar yang tepat, guna menyiapkan mahasiswa untuk memasuki tahap perancangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Börekçi. 2016. Visual Thinking Styles and Idea Generation Strategies Employed in Visual Brainstorming Sessions. 2016 Design Research Society, 50th Anniversary Conference, 27-30 Junie 2016, Brighton, UK: 1 – 18.
Eissen & Steur. 2008. Sketching: Drawing Technique for Product Designers. Singapore: Page One Publishing.
Have & Toorn. 2012. The Role of Hand Drawing in Basic Design Education in The Digital Age. International Conference on Engineering and Mathematics, ENMA: 72 – 80.
Islamoglu & Deger. 2015. The Location of Computer Aided Drawing and Hand Drawing on Design and Presentation In The Interior Design Education. Procedia – Social and Behaviorial Sciences 182 (2015): 607 – 612.
(Sema Mumcu, t.t.)Mumcu & Özkan. 2018. Design as Conversation With Lines: ‘Sketching and Free-Hand’ Course Experiences. Gazi University Journal of Science, part B, 6(1): 31 – 43.
Paricio, Jorge. 2014. Perspective Sketching, Freehand and Digital Drawing Techniques for Artist & Designers. Singapore: Page One Publishing.
Unwin, S. 1997/2009. Analysing Architecture 3rd ed. London: Routledge.
Treib, M. 2008. Drawing/Thinking: Confronting An Electronic Age. London: Routledge.
Published
2019-12-26